Berita

Dukung Pengelolaan Keuangan Lebih Baik , BPKP Siap Bantu Pemko Medan


Medan – Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM menerima kunjungan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumatera Utara Drs Bonny Anang Dwiyanto di Balai Kota Medan, Jumat (18/1).

Selain silaturahmi, kunjungan itu dilakukan dalam rangka peningkatan tata pengelolaan pelaporan keuangan di Pemko Medan agar menjadi lebih baik lagi.

Didampingi sejumlah anggotanya seperti Mariyam dan A Widarwanto, Bonny mengatakan BPKP siap untuk membantu memberikan pendampingan dan bantuan bagi Pemko Medan agar pengelolaan tata pelaporan keuangan untuk Tahun Anggaran 2012 dan tahun selanjutnya menjadi lebih baik.

 

“Jadi intinya kita siap untuk memberikan pendampingan dan bantuan agar pelaporan keuangan Pemko Medan menjadi lebih baik, tranparan dan akuntabel lagi,” kata Bonny.

 

Kepada Wali Kota yang didampingi Wakil Wali kota Drs H Dzulmi Eldin MSi, Sekda Ir Syaiful Bahri, Kepala Inspektorat Drs Farid Wajedi MSi, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Medan Irwan Ritonga, Bonny selanjutnya menjelaskan BPKP ke depan tidak hanya sebagai pendamping saja tetapi akan fokus untuk melakukan tindakan preventif.

 

Untuk melaksanakan itu, Bonny mengaku pihaknya harus bekerja lebih keras mengingat jumlah tenaga yang dimiliki di BPKP Perwakilan Sumut saat ini hanya sekitar 200 orang. Sedangkan pemerintah kabupaten maupun kota yang ditangani berjumlah 33 kabupaten/kota.

 

Di samping tindakan preventif, Bonny juga mengungkapkan BPK perwakilan Sumut juga fokus menangani masalah pengelolaan aset. Terkait itu dia menilai pengelolaan aset di Pemko Medan sudah cukup baik. Terbukti Pemko Medan berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (PBK ). ”Jika BPK sudah memberikan penilaian WTP berarti itu sudah baik,” ungkapnya.

 

Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap menyambut baik atas kunjungan yang dilakukan Ketua BPKP Perwakilan Sumut tersebut.  Sebab, hubungan antara keduanya selama ini sudah terjalin dengan baik. Apalagi selama ini BPKP selalu memberikan pendampingan dan konsultasi secara terus menerus agar tata pengelolaan pelaporan keuangan Pemko Medan menjadi lebih baik, tranparan dan akuntabel.

 

“Untuk itu atas nama Pemko Medan, saya mengucapkan terima kasih. Saya harap kerjasama ini bisa ditingkatkan lagi. Apalagi hasil opini yang diraih Pemko Medan dari BPK dalam dua tahun belakangan ini tidak terlepas berkat bantuan dan pendampingan bari BPKP Perwakilan Sumut,” ujar Wali Kota.

 

Dalam kesempatan itu Wali Kota juga minta dukungan BPKP Perwakilan Sumut agar pengelolaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi  diserahkan kepada Pemko Medan. Sebab, PDAM Tirtanadi  berada di wilayah Kota Medan dan pelanggannya 99 persen merupakan warga Medan. Apalagi seluruh pengelolaan PDAM di Indonesia tidak ada dikelola pemerintah provinsi. (RIK)
 
sumber: http://www.deliknews.com/2013/01/dukung-pengelolaan-keuangan-lebih-baik-bpkp-siap-bantu-pemko-medan/?replytocom=1348#.Uecep2T8-XQ

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar



(boleh dikosongkan)