Berita

Pemko Medan Dukung Pencapaian Target Pajak


MedanBisnis - Medan. Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi menyatakan siap mendukung program pemerintah dalam mencapai target penerimaan pajak, khususnya di Kota Medan.
Dukungan tersebut disampaikan Walikota Medan saat menerima kunjungan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Sumatera Utara I Mukhtar di Rumah Dinas Walikota Medan, Rabu (2/3).

Dalam pertemuan tersebut, Eldin mengakui kondisi perekonomian saat ini memang mengalami penurunan. Pengusaha properti merupakan pihak yang paling terpukul. Pengusaha membutuhkan stimulus pajak untuk membangkitkan kembali bisnis yang surut.

Dzulmi Eldin juga mendukung jika para Wajib Pajak (WP) yang tidak menunaikan kewajibannya membayar pajak ditindak. "Termasuk konsultan pajak nakal yang mengajarkan kliennya untuk tidak membayar pajak," tambah Eldin.

Menanggapi hal tersebut, Mukhtar mengatakan fasilitas pajak telah diberikan kepada WP dalam bentuk penghapusan sanksi administrasi sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 91 dan Nomor 29 Tahun 2015. Banyak WP di lingkungan Kanwil DJP Sumut I yang sudah memanfaatkan fasilitas tersebut.

"Kami juga sudah menghimbau para konsultan pajak agar bersama-sama mengedukasi Wajib Pajak untuk melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan benar," ujar Mukhtar yang pada pertemuan itu didampingi beberapa staf di antaranya Kepala Bidang P2Humas Marslinus Simbolon.

Mukhtar yang kini juga menjadi Pelaksana Tugas Kepala Kanwil DJP Aceh menjelaskan, penerimaan pajak dari WP Orang Pribadi di Kanwil Sumut I mengalami peningkatan.

Penerimaan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 naik dari Rp 1,47 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp 1,62 triliun tahun 2015. Kenaikan juga terjadi atas PPh Pasal 25/29 Orang Pribadi, dari Rp 147 miliar pada tahun 2014 menjadi Rp 294 miliar tahun 2015. Potensi pajak dari WP Orang Pribadi yang belum tergali diperkirakan mencapai Rp 1 triliun.

Pada akhir pertemuan, Eldin juga menyatakan mendukung Kanwil DJP Sumut I segera melakukan kerjasama untuk menggali potensi pajak. Sebab, meningkatnya penerimaan pajak, maka meningkat pula Dana Bagi Hasil (DBH) yang digunakan untuk membangun Kota Medan.

Sekadar diketahui, tahun 2016 target penerimaan Kanwil DJP Sumut I Medan dipatok sebesar Rp 19,9 triliun. Target tersebut meningkat dari tahun 2015 sebesar Rp 17,5 triliun.

Libatkan Camat dan Lurah
Dalam pertemuan tersebut juga terungkap jika Kanwil DJP Sumatera Utara I meminta bantuan Pemko Medan dalam mengejar para wajib pajak dari kalangan pengusaha maupun pribadi perseorangan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penghasilan pajak guna mendukung kelancaran pembangunan.

Salah satu upaya yang paling efektif untuk mengejar wajib pajak dari kalangan pengusaha maupun pribadi perseorangan adalah dengan melibatkan camat dan lurah. Selama ini ungkap Muchtar, pada saat petugas pajak mendatangi rumah wajib pajak, banyak diantaranya mengaku bukan sebagai pemilik rumah melainkan tamu.

Atas dasar itulah Muchtar merasa perlu melibatkan camat dan lurah untuk mengejar wajib pajak tersebut. Sebab, mereka sebagai ujung tombak Pemko Medan paling depan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Jika camat dan lurah dilibatkan, saya yakin upaya kita mengejar wajib pajak lebih maksimal. Pasalnya, camat dan lurah mengetahui dan mengenali warganya. Dengan demikian begitu petugas pajak mendatangi wajib pajak didampingi camat dan lurah, maka wajib pajak yang bersangkutan tidak dapat mengelak lagi," kata Muchtar.

Itu sebabnya Muchtar merasa perlu menjalin kerjasama dengan Pemko Medan. Dia berharap Walikota mendukungnya, sehingga perolehan pajak bisa meningkatkan. Apalagi pajak dari wajib pajak kalangan pengusaha dan pribadi perseorangan belum tersentuh.

"Kita butuh bersinergi dengan Bapak Wali Kota, sehingga beliau mendukung dan mengizinkan camat dan lurah membantu dalam mengejar wajib pajak. Dengan demikian potensi pajak yang ada di kecamatan maupun kelurahan, terutama pajak pengusaha dan pribadi perseorangan dapat kita gali secara maksimal guna meningkatkan penerimaan negara," ungkapnya.

Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S Msi didampingi Asisten Umum, Ikhwan Habibi Daulay, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, Irwan Ritonga, Kadis pendapatan Kota Medan, HM Husni mendukung penuh rencana dengan melibatkan camat dan lurah dalam peningkatan potensi pajak. (sarsin/ramita/ril)

 

Sumber dan Foto: medanbisnisdaily.com

Dimuat pada: Kamis, 03 Mar 2016 

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar



(boleh dikosongkan)